Kamis, 10 Mei 2012

Arti Usia 20 Tahun

Banyak orang berkata, bahwa usia 20 tahun, usia yang mengartikan kita sudah tua, dan buka lagi muda.
Tetapi, saya baru menyadari nya saat ini, setelah usia saya berganti menjadi umur yang bukan lagi belasan tahun, tetapi sudah menjadi puluhan.
Pada awalnya, saya tidak mengerti apa perbedaan nya menjadi seseorang yang telah berusia 20 tahun dengan sesorang yang masih berusia puluhan tahun. Tetapi setelah saya mendapatkan perlakuan yang berbeda dari kakak gereja saya, atau yang biasa disebut dengan kakak rohani saya, dia tidak berkata secara langsung makna dari usia itu, tetapi disetiap kata- kata dan tindakan nya itu, membuat saya mengerti, maksud dari semuanya itu :).
Sekarang saya mengerti, bahwa usia 20 tahun, bukan lah usia dimana kita menjadi tua, ataupun sebaliknya, di usia 20, adalah usia dimana kita menjadi dewasa, bukan dari segi penampilan saja, tetapi dari segi sifat, dll.
Mungkin banyak orang beranggapan bahwa usia 17 tahun adalah usia dimana kita menjadi dewasa, karena sudah dapat memiliki KTP, dll.
Pada saat umur saya 17 tahun, saya tidak merasakan ada perbedaan secara sepenuhnya dalam diri saya, mungkin pada saat itu, saya masih menduduki bangku SMA, tetapi sekarang berbeda, di usia saya saat ini, mengharuskan saya menjadi sesorang yang bukan lagi, anak yang bisa menghabiskan waktu bermanja- manja ria dengan orang tua, tetapi meskipun usia kita 20 tahun, kita tetap boleh untuk bermanja- manja kepada orang tua kita, tetapi tidak sama kondisi nya pada saat kita masih kecil. Ketika kita masih kecil, kita belum mengerti apapun, kita belum tahu, apa yang boleh kita lakukan dan apa yang tidak boleh kita lakukan, orang tua kita selalu memberitahu kita, mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita
Usia 20 tahun, membuat kita untuk memikirkan sendiri sesuatu yang terbaik untuk kita, memang orang tua mengetahui semua kebutuhan kita, yang terbaik untuk kita, tetapi yang menjalani sebuah kehidupan adalah kita sendiri, kita yang mengetahui seperti apa kita, mau seperti apa kita, itu semua kita yang harus memikirkannya, orang tua hanya memberikan support nya untuk kita, mereka pasti ingin yang terbaik untuk anak- anaknya, orang tua juga akan mengingatkan kita apabila kita melangkah terlalu jauh, ataupun kita mulai melangkah ke jalan yang salah.
Jadi, menjadi usia 20 bukanlah sesuatu yang memalukan untuk di akui, melainkan, sesuatu yang harus kita tunjukan bahwa usia 20 adalah usia dimana kita menjadi mandiri, dan mencari jati diri kita sendiri.
Semoga sedikit cerita dari saya ini, dapat berguna untuk kita semua.
God Bless :)

0 comments:

Posting Komentar