Kamis, 29 Maret 2012

Resume Kelompok 1

Penentuan Harga, Penawaran dan Permintaan
Dalam sebuah  kegiatan ekonomi, memliki 2 kegiatan yang sangat mempengaruhi penentuan harga, yaitu penawaran dan permintaan.
Dalam ekonomi kedua kegiatan ini memiliki kegiatan yang saling berhubungan, namun ternyata keduanya memiliki pengertian yang saling bertolak belakang, berikut adalah pengertiannya:
  • Permintaan adalah kegiatan dimana adanya permintaan jumlah barang yang di ingini oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun hukum dari permintaan itu sendiri adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta.  Faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan itu sendiri adalah, harga dari barang itu sendiri, selera pasar, dan pendapatan dari masyarakat 
  • Penawaran adalah kegiatan dimana sejumlah barang akan ditawarkan dan akan dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hukum dari penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Faktor- faktor yang mempengaruhi penawaran adalah harga barang itu sendiri, tujuan perusahaan dan biaya produksi.
Jadi dari permintaan dan penawaran tersebut dapat menentukan harga yang akan dikeluarkan dalam masyarakat.
Tetapi semua itu juga harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

0 comments:

Posting Komentar